Definisi Iblis,Jin,dan Syaitan

| Selasa, Juli 10, 2012 | | 0 komentar
Assalamu'alaykum Warrahmatullah Wabarakatuh ..... Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Definisi Iblis,Jin dan Syaitan berdasarkan Ayat - Ayat Al Qur'an dan sedikit Logika. Pasti sobat muslim sering denger kata "Iblis" .Sebenarnya siapa itu Iblis? darimana asalnya? nah disini kita ungkap semua nya sampai tuntas, Tapi Kebenarannya hanya milik Allah, kita hanya bisa berusaha untuk mengetahui. jadi bagi yang berbeda pendapat silahkan isi komentar di bawah ya


Apa itu Jin??

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (Adz Dzaariyaat, 56.)

Ya pertama mari kita telusuri dari awal penciptaan Nabi Adam 'Alayhissalam. Dijelaskan pada Al Qur'an tepatnya pada Surah Al Hjr Ayat 27, Bahwa Penciptaan Bangsa Jin lebih dahulu dari pada diciptakannya Manusia ( Adam ) oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Dimana bunyi ayat tersebut sebagai berikut.

"Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas." (Al Hijr, 27.)
dan pada Ayat lainnya disebutkan pula sebagai berikut :

" 'Sujudlah kamu kepada Adam', maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang lalim. (Al Kahfi, 50)

Dari ayat diatas diketahui bahwasanya Jin bukanlah nama untuk sesosok ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala, melainkan sebangsa Golongan, jadi tingkatan Jin itu bisa dibilang seperti Manusia, kalo dalam biologi disebut Genus. 

Bangsa Jin diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dari Api, Sebagaimana diceritakan dalam Al Qur'an dan Sabda Rasul.
"Dan Dia menciptakan jin dari nyala api." (Ar-Rahman: 15)
"Para malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang disifatkan kepada kalian." (HR. Muslim no. 2996 dari ’Aisyah x)

Kesimpulannya : Jin adalah sebuah Bangsa / Golongan dari Makhluk Allah yang diciptakan agar Menyembah Allah Subhanahu wa ta'ala

Siapa itu Iblis??



Setelah tau apa itu Jin sekarang saatnya kita tahu siapa itu Iblis. Dari beberapa ayat mengenai Iblis tadi, sempat kita baca Ada kata baru yaitu Iblis,tepatnya pada Surah Al Kahfi ayat 50. Jadi sebenarnya Iblis itu adalah Makhluk dari Bangsa Jin yang Durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala, dan Iblis ini adalah induk dari semua Jin yang Durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala . Jin pula yang telah menghasut Nabi Adam 'Alayhissalam dan Siti Hawa untuk memakan buah Khuldi sehingga mereka diusir dari SurgaAllah Subhanahu wa ta'ala, Berikut beberapa Kisah tentang Iblis :

Allah berfirman : "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?"
Menjawab iblis : "Saya lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".
Allah berfirman : "Turunlah kamu dari surga itu, karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".(Al A'raaf, 12, 13)
Iblis menjawab : "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan".
Allah berfirman : "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh."
Iblis menjawab : "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).
Allah berfirman : "Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barang siapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahanam dengan kamu semuanya".
(Dan Allah berfirman) : "Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan istrimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang lalim".

Maka Syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan Syaitan berkata : "Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga)".

Dan dia (Syaitan) bersumpah kepada keduanya . "Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasihat kepada kamu berdua", maka setan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga.

Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka : "Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu : "Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?" ( Al A'raaf, 11-22)

Manusia adalah mahluk yang tinggal di bumi dan dapat terlihat oleh mata, Jadi, yang harus difahami bahwa iblis adalah golongan jin, maksudnya iblis adalah golongan mahluk bumi yang tidak dapat dilihat oleh mata seperti keterangan dibawah ini :

"Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh Syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan Syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.(Surat Al A’raaf, 27)

Ayat di atas menjelaskan tentang :
  1. Himbauan Allah kepada manusia supaya tidak mudah tertipu daya Syaitan.
  2. Syaitan dapat melihat manusia tetapi manusia tidak dapat melihat setan.
Kesimpulannya : Iblis adalah Makhluk dari Bangsa Jin yang Durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala karena tidak menaati perintahnya untuk sujud kepada Nabi Adam 'Alayhissalam. Iblis juga adalah Nenek Moyang dari Jin-Jin Durhaka. Iblis juga yang berjanji untuk menghasut dan menggoda Keturunan Adam (Manusia) agar durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala dan tidak akan berhenti hingga Akhir Zaman. Diketahui juga induk dari segala Jin Durhaka ini, Atau disebut Iblis ini tidak akan mati hingga Akhir Zaman, dan pada Akhir Zaman nanti Iblis akan Menangis disaat Sakaratul Mautnya.

Pertanyaannya adalah mengapa ada nama baru dalam kisah ini yaitu Syaitan?


Apa itu Syaitan

Setelah tau apa itu Jin dan Iblis saatnya kita tahu apa sih sebenernya Syaitan itu?? Jadi sebenarnya Syaitan itu adalah Sifat Jahat,Durhaka Terhadap Allah, baik dari Bangsa Jin,Manusia atau yang lain.Sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa ta'ala :

"Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu Syaitan-Syaitan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)." (Al-An’am: 112)


Nah akhirnya kita tahu kan??? jadi Kesimpulannya Syaitan itu adalah semua golongan/jenis Makhluk Ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala. Jadi Manusia juga bisa disebut Syaitan loh... hayoo Siapa yang mau disebutin Syaitan?? heehehe,,Naudzubillahimindalik

Berikut ini Kesimpulan dari posting saya kali ini .

Kesimpulan


  • Jin adalah sebuah Bangsa / Golongan dari Makhluk Allah yang diciptakan agar Menyembah Allah Subhanahu wa ta'ala, Dan dari golongan ini ada yang taat dan ada yang durhaka
  • Iblis adalah salah satu makhluk dari bangsa jin yang Durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala karena tidak menaati perintahnya untuk sujud kepada Nabi Adam 'Alayhissalam. Iblis juga adalah Nenek Moyang dari Jin-Jin Durhaka yang lainIbli berjanji untuk menghasut dan menggoda keturunan Adam (Manusia) agar durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala dan tidak akan berhenti hingga Akhir Zaman. Diketahui Iblis ini tidak akan mati hingga Akhir Zaman, dan pada Akhir Zaman nanti Iblis akan Menangis disaat Sakaratul Mautnya.
  • Syaitan itu adalah semua golongan / jenis Makhluk Ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala. Baik dari golongan Manusia,Jin, dan yang lain
Afwan .. Syukron Katsiron ...
Assalamu'alaykum Warrahmatullah Wabarakatuh

Referensi :
  • Mbah Google
  • Otak
  • saumdawud.net